Indonesia diharapkan sampaikan pesan terang ke Korea Utara

duta besar korea selatan untuk indonesia, kim young-sun, menungkapkan, indonesia dapat mengambil peran konstruktif meredam ketegangan dalam semenanjung korea dan intensitasnya selalu meningkat beberapa masa terakhir.

saya harapkan indonesia dapat memainkan peran konstruktif agar mempererat hubungan antar dua negara korea, mengingat indonesia mempunyai hubungan baik bersama korea utara dan korea selatan, papar kim, di jakarta, jumat.

menurut kim, indonesia amat bersesuaian memainkan peran konstruktif itu mengingat pengalaman yang cukup kuat pada menengahi juga ikut membantu penyelesaian semua konflik dalam kawasan asia-pasifik.

indonesia merupakan salah Satu negara pemimpin kawasan ini (asia tenggara), maka peran konstruktif merupakan peran dan tidak salah, ujar dia.

Informasi Lainnya:

sebagai ilustrasi, indonesia sudah sukses memfasilitasi proses rekonsiliasi faksi-faksi bertikai selama kamboja dengan forum jakarta informal forum i serta ii. inisiatif indonesia di masa orde baru tersebut masih menjadi acuan terhadap ada negara selama dunia.

dari pihak historis, presiden soekarno berteman baik melalui pemimpin korea utara (saat itu), kim il-sung. puterinya, megawati sekarnoputri, yang lalu juga menjadi presiden indonesia, serta melewati waktu kebaikan hubungan bagus kedua negara itu, bersama putera kim senior, kim jong-il.

bahkan, soekarno memberi kejutan sekaligus kenangan pertalian hubungan menarik kedua negara tersebut pada kim senior dengan bunga anggrek dendrobium silangan khusus, yang diberi nama dendrobium kim il-sungia. bunga agar kakek pemimpin masa sekarang korea utara, kim jong-un, itu tidak rumit dijumpai sampai kini.

duta besar kim menjelaskan, indonesia usah mengirimkan pesan perdamaian dan terang pada korea utara supaya memenuhi koordinasi dengan komunitas dunia internasional. aku yakin penanaman kepercayaan antar kedua korea dan merupakan kunci menuju penghentian ketegangan mesti memperoleh sokongan daripada dunia internasional.

kim menyebutkan dalam sedang sorotan serta seluruh peringatan dari dunia internasional, korut tetap meluncurkan senjata hulu ledak jarak jauh dalam 12 desember kemarin juga melangsungkan percobaan nuklir dalam 12 februari 2013.

korut juga belakangan berkali-kali berupaya meningkatkan ketegangan di semenanjung korea melalui serangkaian pernyataan provokatif, katanya.

menurut dia, serangkaian retorika berperang daripada pyongyang memiliki dua objek wisata utama, yakni agar meningkatkan soliditas serta kepercayaan kekuatan di negeri, serta untuk mendesak dunia internasional melayani korut untuk salah Satu negara nuklir.

pemerintah korsel dalam dasarnya menginginkan ada berubahnya hubungan antara kedua negara korea dari saling curiga dan penuh konfrontasi adalah kedamaian berbasis kepercayaan.

meski itulah, dubes kim menegaskan pemerintahnya tak ingin kembali diam jika bagian korut menggarap provokasi yang telah dianggap berlebihan.

kami ingin siap merespon provokasi yang lebih lanjut daripada utara serta tetap beriringan bersama dunia internasional supaya mengingatkan mereka (korut) supaya melupakan ambisi mereka menguasai senjata nuklir juga menjadi anggota yang bertanggung jawab di hubungan global, papar kim.