Korea Selatan-AS perpanjang kerja sama nuklir

korea selatan dan amerika serikat (as) sepakat memperpanjang kerja sama nuklir tujuan damai di dua tahun.

korea selatan berharap perpanjangan tersebut memungkinkan seoul membuat bahan bakar nuklir sendiri.

perjanjian yang ditandatangani selama 1974 itu akan berakhir tahun depan.

perpanjangan perjanjian disepakati untuk memungkinkan lebih ada perundingan perihal topik hangat dan memungkinkan korea selatan memroses ulang batang bahan bakar yang dimanfaatkan.

Informasi Lainnya:

kedua belah pihak mencapai kesepakatan ternyata mengenai upaya mengubah kesepakatan dan banyak dalam dua tahun dengan alasan mereka memerlukan lebih banyak waktu, kata juru bicara kementerian luar negeri cho tai-young semisal dikutip afp.

korea selatan berpendapat pihaknya mesti memproduksi bahan bakar nuklir sendiri supaya memenuhi kebutuhan 23 reaktor yang menyediakan sepertiga daripada pemakaian energi juga menguras stok batang bahan bakar bekas dan dikatakan telah mencapai kapasitas penuh.

amerika serikat telah menolak dengan alasan proliferasi, karena pengolahan tinggal menghasilkan cadangan plutonium terpisah dan kemudian dapat diperkaya ke tingkat dan memadai untuk senjata.

korea selatan telah memberi usul bidang pemrosesan pyro, teknik baru yang dianggap kurang kondusif supaya proliferasi sebab menyisakan plutonium terpisah yang bercampur dengan senyawa fisil alami.

topik yang memungkinkan korea selatan agar memproduksi bahan bakar nuklir sendiri menjadi lebih serius seiring melalui upaya korea utara menyebabkan web senjata nuklirnya.

hal tersebut telah menyebabkan meningkatnya seruan daripada grup minoritas berpengaruh selama korea selatan untuk negara itu bisa melakukannya sendiri daripada selalu bergantung di payung nuklir as.