TNI siap layani SMS pengaduan masyarakat

tni berusaha sama melalui empat pengusaha dealer jasa telekomunikasi (provider) supaya melayani pesan singkat (sms) gateaway pengaduan dan laporan masyarakat dengan kode akses 1978 dengan tidak rumit serta bersegeralah.

inspektur jenderal (irjen) tni letjen tni geerhan lantara, mewakili panglima tni menandatangani perjanjian kerja sama mengenai layanan sms gateway dengan empat penyelenggara jasa telekomunikasi (pt. telekomunikasi selular tbk, pt indosat tbk, pt. telekomunikasi indonesia tbk, dan pt xl axiata tbk) selama aula gatot subroto mabes tni cilangkap, jakarta timur, selasa.

layanan sms gateway melalui kode akses 1978 adalah upaya pelayanan pengaduan masyarakat (dumas) tentang kinerja tni.

dengan kehadiran sistem baru itu, diinginkan warga bisa mencatat setiap tindakan prajurit tni dan melanggar ketentuan berlaku.

Informasi Lainnya:

inspektur jenderal (irjen) tni letnan jenderal tni geerhan lantara, menyatakan, layanan sms ini sebagai jenis kepedulian tni kepada upaya mencegah juga meminimalisir kemungkinan keberadaan penyimpangan / pelanggaran pada penyelenggaraan tugas pokok tni, juga realisasi komitmen tni di upaya menciptakan transparansi dan reformasi birokrasi guna mendukung kebijakan pemerintah menuju pemerintahan yang bersih juga baik (clean government and good governance).

sistem ini ingin memantau semua tindakan prajurit tni dan melanggar ketentuan yang berlaku, katanya seraya menungkapkan keempat provider akan bisa mentransfer info daripada warga ke server milik tni.

kami bertujuan untuk menjalankan akses kontrol sosial. setiap permasalahan dan ditampilkan selama luar juga dilaporkan warga, akan kami bahas serta dipastikan ingin diselesaikan berdasarkan kebenaran, papar geerhan.

menurut dia, panglima tni sangat konsern menuntaskan sebuah permasalahan yang terjadi yang menggandeng anggotanya. penyampaian info yang seorang juga sangat dibutuhkan agar menuntaskan suatu permasalahan.

irjen tni menambahkan, layanan ini juga supaya memberdayakan penduduk selama rangka ikut juga menciptakan penyelenggaraan negara dan bersih juga bebas dari korupsi, kolusi, serta nepotisme tergolong tni mampu memperbaiki pelaksanaan tugasnya pas melalui harapan masyarakat.

geerhan mengharapkan, layanan single number kode akses `1978` kedepannya dapat menampung banyak partisipasi masyarakat dalam rangka pengawasan pada kinerja tni secara khusus. mou itu sendiri akan berlaku dalam tiga tahun supaya lalu diperbaharui pas dengan perkembangan teknologi.

adapun prosedur teknis pelaksanaan partisipasi penduduk dengan pesan pendek diantara lain pengirim mengirimkan pesan pendek ke tni melalui nomor 1978. kemarin, operator melayani pesan pendek dari pengirim dan meneruskannya dalam bentuk data ke aplikasi server tni yang diakses melalui online.

selanjutnya server tni menerima data juga masuk ke pada aplikasi server tni. tarif uang dan digunakan adalah sama melalui tarif pesan pendek biasa sesuai melalui tarif normal. maka, tidak usah sungkan-sungkan untuk mengkritik kinerja tni, katanya.