TKI Tulungagung kirim uang rp1 triliun/tahun

pengiriman uang (remitansi) tki ke kabupaten tulungagung, jawa timur setiap tahunnya diprediksi mencapai rp1 triliun, tapi tidak sepenuhnya terdeteksi bank indonesia karena proses pengiriman dilaksanakan dengan langsung.

estimasi besaran remitansi tki asal kota marmer tersebut diungkapkan koordinator migrant centre tulungagung, widi harianto, selasa, yang menengarai keberadaan perbedaan data remitensi selama bi melalui perputaran biaya sesungguhnya di penduduk.

kami telah mengerjakan kajian melalui mengambil pilihan sampel desa/kampung tki pada tulungagung, juga hasilnya Salah satu desa rata-rata mampu menghasilkan remitansi kurang lebih rp3 miliar hingga rp4 miliar, paparnya.

dengan asumsi banyaknya desa-desa di daerah itu dan warganya berusaha dalam luar negeri (tulungagung memiliki 271 desa, 19 kecamatan), hari meyakini aliran devisa yang berasal dari transfer dana tki/tkw diyakini tembus rp1 triliun per tahunnya.

Informasi Lainnya:

banyak fakta yang kami pilihlah daripada para tki yang adalah dampingan migrant centre. mereka selain memanfaatkan media transaksi perbankan maupun `western union` (produk jasa pengiriman biaya pt pos indonesia) serta melakukan pengiriman dengan langsung, katanya.

pihak migrant centre memang tak mempunyai data valid menyangkut jumlah remitansi tki ke tulungagung dan tidak terekam traksaksi keuangan perbankan indonesia maupun jasa pengiriman lainnya.

hari cuma memberi gambaran bahwa semua tki/tkw yang membawa uang (baik pada jenis mata uang asing maupun rupiah) pulang ke kampung halamannya pada tulungagung lebih daripada 50 persen.

bukan berarti mereka ini tak menggunakan jasa keuangan perbankan ataupun lainnya supaya transfer, namun pada ada kasus para tki dari perantauan ini serta membawa biaya hasil kerjanya dengan tunai ataupun melalui langkah menitipkan ke rekannya supaya dilontarkan ke keluarga selama rumah, tuturnya.

selain perilaku, hari menengarai banyaknya devisa tki dan tak terekam di data keuangan bank indonesia juga dipengaruhi banyaknya buruh migrant dan bekerja di luar negeri tidak dokumen lengkap (tki ilegal).

kerugian negara akibat remitansi yang tidak melalui jasa keuangan pemerintah maupun swasta tentunya berpengaruh terhadap besar-kecilnya obyek pajak dan hilang, tandasnya.

sebagaimana data bank indonesia, devisa yang berasal daripada transfer dana tki jawa timur dalam luar negeri sepanjang tahun kemarin tercatat sebesar rp2,86 triliun.

distribusi dana remitensi tki ke jawa timur hampir merata ke semua wilayah kabupaten/kota.

pamekasan tercatat dijadikan daerah dan mempunyai remitansi paling tinggi tiap tahunnya, yakni mencapai 19 persen serta sekitar rp543,4 miliar

selain pamekasan, enam kabupaten/kota lain yang memiliki remitansi tertinggi dibanding 31 daerah lainnya dalam jatim adalah sumenep (9 persen serta sekitar rp257,4 miliar), surabaya (8 persen serta kurang lebih rp228,8 miliar), malang (7 persen ataupun sekitar rp200,2 miliar), madiun (6 persen ataupun kurang lebih rp171,6 miliar), tulungagung dan banyuwangi (masing-masing 4 persen ataupun kurang lebih 114,4 miliar).